Jika sebelumnya kita mengetahui hanya hewan beruang dan juga tupai tanah yang melakukan proses hibernasi. Sepertinya kini kita harus mulai mengubah pemikiran tersebut.

Pasalnya, belum lama ini beberapa ilmuwan menemukan hewan primata yang juga melakukan proses hibernasi demi strategi bertahan hidup. Hewan tersebut adalah lemur Madagaskat.

Kelompok peneliti itu menemukan dua jenis lemur yang melakukan proses ini, yaitu lemur Crossley dan juga Sibree. Kedua jenis hewan yang sering digunakan sebagai ikon undangan online di daerah setempat ini melakukan hibernasi di dalam sebuah lubang tanah yang dilakukannya selama tiga hingga tujuh bulan.

Berbeda dengan beruang dan juga tupai tanah yang melakukan strategi ini saat musim dingin, hewan ini malah melakukannya pada saat musim kemarau. Kedua jenis ini melakukannya karena suhu udara saat itu bisa mencapai hingga 85 derajat dan pasokan makanan dan minuman saat itu pun dapat bekurang.

Demi mendapatkan informasi yang lebih jelas, para peniliti memasangkan pemancar radio pada hewan lemur untuk memantau suhu tubuhnya selama dia berhibernasi. Sehingga mereka mengetahui seperti apakah suhu tubuh saat mereka berhibernasi.